Saturday, February 7, 2015

MENUJU GEREJA


YANG TERLIBAT DAN BERDAYA UBAH

Verba volent scripta manent,ucapan cepat hilang, tulisan akan terus terpatri. Hasil Sinode III Keuskupan Denpasar tertulis di sini, agar dibaca dan diterjemahkan dalam karya pastoral bersama umat. Sinode III Keuskupan Denpasar tanggal 21 - 25 November 2011 adalah sebuah proses panjang yang di dalamnya suara umat sebagai narasumber utama diberi tempat yang pertama. Dengan berkiblat kepada umat sebagai narasumber Sinode, buku ini memuat hasil refleksi, koreksi dan antisipasi umat menuju Gereja yang terlibat dan berdaya ubah. Keuskupan Denpasar ingin mendengar apa kata umat dan apa kata orang lain tentang wajah keuskupan kita. Pendapat, usul dan saran serta harapan mereka dikumpulkan, dicatat dan diolah dengandisiplin ilmu yang mendukung dan dapat dipertanggungjawabkan.
Kerja keras yang membuahkan kesuksesan dalam penyelenggaraan Sinode III Keuskupan Denpasar sesungguhnya mengantar seluruh umat untuk melangkah bersama pimpinan Gereja Lokal Keuskupan Denpasar melalui sebuah Arah Dasar Keuskupan Denpasar yang baru, periode 2012-2016, yakni “Menuju Gereja Yang Terlibat Dan Berdaya Ubah”. Di dalam Arah Dasar ini terdapat Visi, Misi, Program Strategis serta Tema-Tema Tahunan yang menjadi fokus perhatian pastoral Keuskupan Denpasar. Visi Keuskupan Denpasar 2012-2016, hasil Sinode III dirumuskan sebagai berikut, “Keuskupan Denpasar sebagai persekutuan umat beriman Kristen Katolik yang berkualitas, dialogis dan berdaya ubah untuk memancarkan wajah Kristus di tengah dunia”. Untuk mewujudkan visi tersebut, dirumuskan pula 11 butir misi dan 5 program strategis, selanjutnya dituangkan dalam reksa pastoral tahunan dengan 5 tema pastoral yang  dilaksanakan selama tahun 2012-2016.
Arah Dasar, Visi, Misi, Program Strategis dan Tema-Tema Tahunan tersebut telah direstui oleh Uskup Denpasar, Mgr. DR. Silvester San, melalui SK Uskup Denpasar, No.09/KDPS/JAN/2012, tentang Penetapan Arah, Visi dan Misi Karya Pastoral Keuskupan Denpasar Berdasarkan Dekrit-Dekrit Sinode III Keuskupan Denpasar Untuk Periode Januari 2012 – Desember 2016.
Semua yang tercatat di sini adalah buah karya dan kerjasama banyak pihak berbasis masalah dan kebutuhan umat. Tidak mudah memang, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Seluruh proses bersinode telah kita lewati dan hasilnya sudah di tangan kita masing-masing. Orang katakan jabatan dan kekuasaan adalah kehormatan yang membawa tanggung jawab (noblesse oblige). Kita semua bertanggung jawab dan terpanggil untuk memajukan Keuskupan Denpasar ini melalui kerja keras dengan dedikasi untuk mendaratkan Hasil Sinode III Keuskupan Denpasar ini.

Rm. Evensius Dewantoro, Pr


No comments:

Post a Comment