Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kuta


Buku permandian sejak tahun 1983. Tahun 1967 P.Heyne SVD merintis berdirinya Sektor St. Fransiskus Xaverius yang saat itu masih masuk wilayah Paroki St. Yoseph Denpasar.Tahun 1968 P.Blanken,SVD melayani umat Sektor Fransiskus Xaverius. Bersama tokoh-tokoh umat beliau merencanakan berdirinya sebuah gereja kecil yang sangat sederhana tahun 1974 dengan memanfaatkan bahan bangunan dari Sanur Beach. Lokasi gereja lama itu adalah di Rumah Retret Bethania sekarang ini. Bulan September 1974 gereja sederhana itu selesai dibangun dan langsung bisa dipakai.
Tahun 1975, P. Anibal Operandi,SVD merintis berdirinya Stasi St. Fransiskus Xaverius Kuta sekaligus ditunjuk sebagai Pastor Stasi pertama yang bertugas sampai tahun 1979. Pada tahun 1978 P.Anibal Operandi SVD merintis pembangunan Gereja bergaya arsitektur kapal yang sedang berlayar sebagai aplikasi terhadap karya misi Fransiskus Xaverius yang pernah menjelajahi dunia untuk mewartakan Firman Tuhan. Pembangunan Gereja dilanjutkan oleh P.Cor Smith SVD.Tanggal 15 Januari 1984 Gereja St. Fransiskus Xaveris Kuta diresmikan.
Stasi St. Fransiskus Xaverius Kuta ditingkatkan menjadi Quasi Paroki St. Fransiskus Xaverius Kuta melalui keputusan Uskup Denpasar No. 163/4/IV/E/Des/DD/1995. Tanggal 1 Januari 1996 Quasi Paroki St. Fransiskus Xaverius Kuta diresmikan.
Pastor Paroki St. Fransiskus Xaverius Rm. Hubertus Hadi Setyawan ,Pr dan umat membangun gereja baru yang diberkati oleh Mgr. Benyamin Yosef Bria,Pr pada tanggal 2 Mei 2007 oleh Mgr. Dr. Benyamin Yosef Bria,Pr.
Imam-imam yang pernah mengabdi atau melayani umat Paroki Kuta adalah P.de Boer, P. Paulus Boli Lamak,SVD , Rm. Fidelis Nurjaya,Pr, Rm. Piet Nyoman Giri,Pr, P.Cor Smith SVD,P.Leo Lewa,SVD, P.Guido Fahik,SVD, P. Alex Dato,SVD dan Rm. Marsel Gde Miarsa Pr ditunjuk sebagai gembala umat di Kuta.
Saat ini Paroki St. Fransiskus Xaverius dipimpin Romo Hubertus Hady Setiawan Pr dibantu oleh Romo Sebastianus Yordan Ado Pr. Berdasarkan data statistik Keuskupan Denpasar tahun 2007 jumlah umat 4917 orang terdiri dari 2415 laki-laki dan 2502 perempuan. Alamat yang dapat dihubungi: Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kuta Jl.Dewi Sartika 107 Kuta Telp: (0361) 751144,750043.

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL KONGREGASI/BIARA YANG BERKARYA DI KEUSKUPAN DENPASAR

Romo Hubertus Hady Setiawan,Pr

Rm. Benediktus Deni Mary