Thursday, February 12, 2015

Paroki St. Antonius Padua Ampenan


Paroki St. Antonius Padua Ampenan Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat terletak di Jalan Majapahit No 10 Ampenan Mataram Lombok. Buku permandian sejak tahun 1935.Sebelum menjadi paroki pada tahun 1935 P. Agustinus de Boer,SVD sudah berkarya di Ampenan dengan menjadikan kompleks sekolah Karang Ujung yang sekarang adalah RS St. Antonius menjadi kapela. Karya P de Boer kemudian dilanjutkan oleh P.Gierlings,SVD pada tahun 1949. Pater Gierlings pada tahun 1962 mendirikan gereja di kompleks RS Antonius Karang Ujung dan gereja itu diresmikan oleh Uskup Denpasar Mgr. Paulus Sani Kleden,SVD pada tahun 1963.

Komunitas Basis Gerejawi (KBG) di Paroki Ampenan ada 8 yakni Lingkungan St. Monika yang merupakan KBG tertua, Lingkungan St. Maria Ratu Pencinta Damai, Lingkungan St. Carolus, Lingkuangan St. Theresia Kanak-Kanak Yesus, Lingkungan St. Paulus Perumnas, Lingkungan St. Stela Maris, dan Lingkungan St. Agustinus. Mayoritas umat katolik Paroki Ampenan dari NTT, Bali dan Jawa juga dari pulau-pulau lainnya di Indonesia sedangkan keturunan Tionghoa jumlahnya cukup banyak. Kelompok kategorial yang ada yakni Legio Maria, Kharismatik, Mudika, Sekami, dan ME. Karya pastoral di paroki ini yang menonjol adalah pendidikan (TKK,SD dan SMP), bidang kesehatan (poliklinik dan rumah sakit) dan karya social lainnya termasuk rumah retret St. Arnoldus Yansen-St. Yoseph Freimedemetz.

Dalam catatan sejarah Gereja Ampenan, P.Gierlings,SVD adalah misionaris yang cukup lama mengabdi di Paroki Ampenan. Pater Dionisius Henricus Gierlings,SVD yang lahir di Roermond Nederland 12 Juni 1910 berkarya di Paroki Ampenan mulai 8 Desember 1949 dan meninggal dunia di Ampenan pada 22 Oktober 1991. Pater Geerlings pula yang mendirikan RS St. Antonius tahun 1950, SDK St. Antonius tahun 1965, bersama Sr. Bertholdia,SSpS mendirikan TKK St. Antonius dan membangun Gereja Ampenan yang selesai tahun 1979 dan diresmikan tanggal 13 Juni 1980.
Setelah P.Gierlings pensiun karena usia tua , berturut-turut Paroki Ampenan digembalakan oleh P.Mikael Migeraya, SVD, Rm. Lucius Nyoman Purnawan,Pr, Rm. Hengky Ladjar,Pr, P. Rosarius Geli,SVD, Rm. Eventius Dewantara Boli Daton,SVD, Romo Bartholomeus Bere,Pr dan kini Pastor Kepala Paroki dijabat oleh P.Yoseph Waryadi,SVD dan pastor pembantu P.Fransiskus Sidok,SVD.
Gereja Ampenan yang dibangun oleh P.Gierlings,SVD dirobohkan dan dibangun baru pada tahun 2002 masa Rm. Eventius Dewantara sebagai pastor paroki. Gereja ini ditahbiskan oleh Mgr. Silvester San,Pr pada tahun 2009 lalu. Saat ini  umat di Paroki Ampenan digembalakan oleh  P.Frans Sidok. Alamat yang bisa dihubungi: Gereja Katolik St. Antonius Padua Ampenan, Jalan Majapahit No 10  Ampenan. (Ditulis oleh Agust G Thuru berdasarkan wawancara dan sumber-sumber tertulis)

No comments:

Post a Comment