Thursday, February 12, 2015

Paroki St. Paulus Singaraja


Paroki St. Paulus Singaraja meliputi wilayah Kabupaten Buleleng. Berdasarkan data terakhir jumlah umat di Paroki St. Paulus Singaraja 460 orang terdiri dari laki-laki 222 orang dan perempuan 238 orang. Namun sesungguhnya umat katolik di Paroki Singaraja berdasarkan data terakhir berjumlah 1300 orang.
Karya pastoral yang menonjol di Paroki Singaraja adalah pendidikan dan kesehatan disampaing tugas utama Gereja yakni pembinaan iman umat. Lembaga-lembaga pendidikan yang dikelola oleh Gereja Katolik melalui yayasan Insan Mandiri Cabang Singaraja adalah TPA St. Paulus, TKK St. Paulus, SDK St. Paulus, SMPK St. Paulus dan SMAK St. Paulus. Pelayanan kesehatan antara lain Klinik Pantisila yang dikeola oleh suster-suster SSpS.
Kelompok-kelompok kategorial yang ada di Paroki Singaraja adalah WKRI, ME, Lansia, PMKRI, Orang Muda Katolik dan Sekami. Sedangkan KBG yang ada di Paroki ini adalah Lingkungan St. Monika dengan ketua Ignatius Nyoman Mudarsa, Lingkungan St. Maria dengan ketua JJH Calame, Lingkungan St. Yoseph dengan ketua D.Sunardi.
Di Paroki Singaraja, tepatnya di Airsanih para pastor CCD membangun fasilitas rohani berupa Gua Maria Airsanih. Setiap bulan Mei dan Oktober Gua Maria ini ramai dikunjungi oleh para pesiarah yang ingin melaksanakan devosi khusus kepada Bunda Maria.
Gereja Katolik di Kabupaten Buleleng hadir sejak masa-masa awal Indonesia berdiri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketika Bali, NTB dan NTT sebagai wilayah provinsi Nusa Tenggara maka Singaraja adalah Ibukotanya. Ketika wilayah Bali dan Lombok ditetapkan oleh Vatikan sebagai Prefektur Apostolik pada Juli 1950, Administrator Apostolik Mgr. Hubertus Maria Hermens,SVD tinggal di Singaraja. Selama 10 tahun Mgr. Hermens memimpin umat katolik Bali dan Lombok dari Singaraja.
Demikian juga ketika Vatikan menetapkan Bali dan Lombok menjadi Keuskupan pada tahun 1961, Uskup pertama Mgr. Dr. Paulus Sani Kleden,SVD tinggal di Singaraja sampai dengan tahun 1967, selanjutnya pindah ke Jalan Rambutan Denpasar.
Sejumlah imam pernah melayani umat di Paroki Singaraja antara lain Romo Willem Antas,SVD, Rm. Marcel Gde Myarsa,Pr, Rm. Kristianus Min Isti,Pr, Rm. Yohanes Tanumiarja,SVD (keluar), Rm. Guido Fahik,SVD, Rm. Yoseph Wora,SVD. Saat ini Romo Y.Handriyanto Wijaya,Pr dipercayakan sebagai Pastor Paroki St. Paulus Singaraja. Ia dibantu oleh Rm Robertus gaga NaE,Pr.Alamat yang dapat dihubungi adalah; Jalan Gunung Agung No.27 Singaraja, Telp: 0362 – 22993. (Ditulis kembali oleh Agust G Thuru berdasarkan wawancara dengan sejumlah tokoh gereja Singaraja)

No comments:

Post a Comment