Thursday, February 12, 2015

Paroki St. Yusuf Raba Bima




 Paroki St. Yusuf Raba Bima meliputi wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima bagian timur.Umat katolik di Kota Bima tersebar hampir di seluruh kota Bima sedangkan di Kabupaten Bima umat katolik bermukim di Kecamatan Sape. Pusat paroki berada di Jalan Pepaya No 1 RT 05 RW 02 Kelurahan Rabangodu Selatan, Kecamatan Rabangodunae Selatan Kota Bima. Jarak dari pusat paroki ke Sape 52 km ke arah timur atau ke arah pelabuhan penyeberangan Sape


Umat tergabung dalam komunitas basis gerejawi dan stasi. KBG yang ada di Paroki Raba Bima adalah KBG St. Dominikus yang diketuai Lasarus Misa, KBG St. Agustinus dengan ketuanya Merry Anwar, KBG St. Fransiskus diketuai Maximus Watu, St. Arnoldus Yansen dengan ketuanya Frans Pega, St. Stefanus dengan ketua Herman Hasu, St. Paulus belum ada ketua, St. Petrus dengan ketua Donatus Raga,St. Mikael ketuanya Flavianus Bura, St. Sisilia ketuanya Kristina Urbanus dan Stasi Sape dengan ketua Maximus Godfridus Syukur. 

Karya pastoral yang menonjol di Paroki Raba Bima adalah bidang kesehatan. Sebuah poliklinik pelayanan kesehatan dibuka di paroki ini dan dikelola oleh suster-suster JMJ. Saat ini dua suster berkarya dalam pelayanan kesehatan yakni suster Daniela,JMJ dan Suster Fabiola,JMJ. Ada usaha untuk membuka Balai Pengobatan namun selalu terbentur pada perijinan sehingga sampai saat ini baru bisa dibuka poliklinik. Tak ada karya pendidikan di paroki Raba Bima.Meski demikian pendidikan agama katolik bagi anak-anak sekolah dan mahasiswa tetap menjadi perhatian gereja. Para siswa dari tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi dilayani oleh para katekis dan pastor. Proses belajar mengajar diselenggarakan di gereja untuk menghindari isu kristenisasi.
Panggilan di Paroki Raba Bima sampai tahun 2010 ini belum menggembirakan. Data memperlihatkan belum ada seorang imam pun baik praja maupun biarawan yang berasal dari Paroki Raba Bima. Namun ada 1 bruder SVD dan 1 suster yang berasal dari paroki ini. Biarawan dan biarawati yang berkarya di Raba Bima adalah 2 biarawan SVD dan 3 biarawati SSpS. Minggu pagi di Gereja Raba-Bima Jl. Pepaya No.1 Raba Bima jam 08.00 Wita. Minggu sore misa di Kaple Sape jam 16.30 Wita.

Paroki St. Yusuf Raba Bima diresmikan oleh Uskup Weetebula Mgr.Haripranata,SJ pada tahun 1975. Waktu itu Pulau Sumbawa merupakan wilayah gerejawi Keuskupan Weetebula. Saat resmi menjadi paroki, wilayahnya meliputi Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.Kota Bima belum terbentuk sebagai KotaMadya atau yang kini dikenal sebagai Pemerintahan Kota Bima.Paroki Raba Bima harus melayani umat katolik yang bermukim di stasi Sape, Stasi Donggo,Stasi Dompu dan Kota Bima.Dalam perjalanan waktu St¬¬asi Dompu menjadi paroki dan Stasi Donggo menjadi Quasi Paroki. Saat ini Paroki St. Yusuf Raba Bima melayani umat yang bermukim di Kota Bima dan di Stasi Sape.
Sejak menjadi paroki tahun 1975, karya pastoral di Paroki St. Yusuf Raba Bima diserahkan kepada imam-imam Serikat Sabda Allah dari Provinsi SVD Ruteng. Karena itu sejak tahun 1975 imam-imam SVD diutus ke Bima untuk melayani umat di Sape, Donggo, Bima dan Dompu.
Imam-imam yang pernah melayani Paroki Raba Bima adalah P. Heribertus Kuper,CssR, P.George Kiwus,CssR, Romo Dominikus Rua Dapa,Pr, P.Thomas Tepho,SVD, P. Tarsisius Widyana,SJ, P.Mikael Migeraya,SVD,P. Yohanes Djuang Somi,SVD dan kapelan P.Piet Pido Neo,SVD, P.Paulus Barekama,SVD dibantu Romo Kristianus Min Isti,Pr, P Romualdus Pitan Kotan SVD dibantu Romo Paulus Seran,Pr, P Marsel Nahas,SVD, dan P.Fransiskus Mansen,SVD. Saat ini  Rm. Romualdus Pitan,SVD dipercayakan sebagai Pastor Paroki. Alamat yang bisa dihubungi: Gereja Katolik  Raba Bima, Jalan Pepaya No 1 Raba Bima NTB.***


No comments:

Post a Comment