Saturday, February 7, 2015

TOR (Term of Referens)


SINODE   IIIKEUSKUPAN DENPASAR

TEMA :MEMANCARKAN WAJAH KRISTUS MELALUI GEREJA YANG INKLUSIF DAN TRANSFORMATIF
A.     TUJUAN
·      Mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan program pastoral  Keuskupan Denpasar  periode  5  tahun kedua (2007-2011).
·      Merevisi/merumuskan kembali visi–misi Keuskupan Denpasar yang baru serta Program Strategis Pastoral Keuskupan Denpasar periode 5 tahun ke-3 (2012 – 2016).
·      Membangun semangat dan komitmen bersama seluruh umat Keuskupan Denpasar guna mewujudkan visi-misi dan program strategis pastoral hasil Sinode III. 

B.     LATAR BELAKANG
·      Karya Pastoral Keuskupan Denpasar 5 tahun kedua paska Sinode II  tahun 2006 segera berakhir. Setelah 5 tahun berjalan,  saatnya kita akan mengevaluasi kembali seluruh proses perjalanan karya pastoral selama 5tahun kedua, dan  merevisi/merumuskan kembali visi-misi Keuskupan Denpasar yang baru serta program strategis dalam mewujudkan Visi dan Misi Keuskupan Denpasar hasil Sinode III tersebut.

·      Persiapan menuju Sinode III ini diawali dengan pencanangan Sinode oleh Uskup Denpasar (Mgr. DR. Silvester San, Pr) pada penutupan Sidang Pleno Dewan Pastoral Keuskupan (DPK) dalam perayaan ekaristi kudus, bersama umat, tanggal 26 November 2011 di Gereja Paroki Katedral – Roh Kudus, Denpasar.

·      Gereja Katolik Indonesia dalam SAGKI 2010, mengangkat tema, “Ia Datang Supaya Semua Memperoleh HidupDalam Kelimpahan” (Bdk.Yoh.10.10). Tujuannya, Pertama: melihat sejauh mana Kristus sudah diterima dan berpengaruh di dalam kehidupan: Kedua:menemukan bersama upaya Gereja menyadari kehadiran Kristus dan mewartakanNya lewat kesaksian hidup di dalam lingkungan Gereja dan masyarakat dengan keyakinan bahwa hidupNya adalah hidup Gereja, perutusanNya adalah perutusan Gereja. Ketiga:menggerakkan semangat berevangelisasi umat Katolik Indonesia.  

·      Sinode III Keuskupan Denpasar tahun 2011 ini mengambil tema:“Memancarkan Wajah Kristus Melalui Gereja Yang Inklusif Dan Transformatif. Tema ini merupakan kombinasi dari apa yang diperoleh dari SAGKI 2010 yang menekankan soal mengenal dan menemukan wajah Yesus dalam keragaman budaya, dalam dialog dengan agama lain dan dalam kaum terpinggir/marginal/miskin; serta  apa yang sudah berjalan selama ini di Keuskupan Denpasar yakni Visi,Misi serta Arah Karya Pastoral Keuskupan Denpasar paska Sinode I dan Sinode II. Sesuai Arah Karya Pastoral Keuskupan Denpasar hasil Sinode I dan Sinode II, Gereja Lokal Keuskupan Denpasar sedang bertumbuh menuju Gereja yang inklusif dan transformatif. Inilah dasar pengambilan tema Sinode III Keuskupan Denpasar.

C.     PESERTA
Peserta Sinode III Keuskupan Denpasar direncanakan sebanyak 175 orang termasuk panitia, dengan kriteria :
·      Setiap paroki akan diwakili oleh beberapa orang yang ditentukan secara proporsional sesuai dengan jumlah umat setiap paroki.
·      Pastor Paroki sebagai Ketua Umum DPP  (Ex Officio).
·      Tarekat dan Ordo yang ada di Keuskupan Denpasar.
·      Perwakilan Kelompok Profesi.
·      Perwakilan Kelompok Kategorial.
·      Kaum Muda.
(Diharapkan ada keseimbangan antara peserta laki-laki dan perempuan)

D.     PROSES
Sinode III Keuskupan Denpasar merupakan proses yang diawali  sejak panitia mendapat Surat Keputusan dari Uskup Denpasar yang mencakup beberapa tahapan:

1.   Evaluasi untuk menampung aspirasi umat melalui: Komunitas Basis Gerejawi, Lingkungan/Sektor, Stasi, Paroki, dan Dekenat.
2.   Sistimatisasi aspirasi umat /merangkum hasil evaluasi dan usulan umat.
3.   Pelaksanaan Sinode III Keuskupan Denpasar dengan proses:
·      Laporan hasil evaluasi  umat.
·      Masukan dari para nara sumber.
·      Diskusi kelompok.
·      Revisi/perumusan visi-misi Keuskupan Denpasar yang baru, serta  merencanakan program strategis pastoral 5 tahun ketiga (tahun 2012–2016) sebagai output dari hasil Sinode III Keuskupan Denpasar.

E.     KEGIATAN SINODE  III KEUSKUPAN DENPASAR  terdiri dari :
·         Periode  Pra Sinode  (Persiapan).
·         Periode Sinode (Pelaksanaan).
·         Periode Pasca Sinode (Realisasi/Tindak Lanjut).

F.      PELAKSANAAN SINODE
Sinode III Keuskupan Denpasar akan dilaksanakan di Gereja St.Fransiskus Xaverius Kuta pada  tanggal  21–25Nopember 2011.

G.    HASIL YANG DICAPAI
·      Visi dan misi Keuskupan Denpasar periode 2012-2016.
·      Program strategis Gereja Lokal Keuskupan Denpasar dalam mewujudkan visi dan misi Keuskupan Denpasar.
·      Penjabaran program strategis dalam program  kerja 5 tahun  ketiga (2012-2016).

No comments:

Post a Comment